Universitas Tertua Yang Ada Di Indonesia

Kampus Tertua Yang Ada Di Indonesia

Universitas Tertua Yang Ada Di Indonesia, Apakah Universitas Kalian Masuk?

Indonesia dengan memiliki wilayah yang luas tentunya punya banyak sekali tempat belajar. Kali ini kita membahas Universitas tertua yang ada di Indonesia.

Sebuah bangsa yang besar akan mencetak anak-anak asing  yang terbaik dari universitas-universitas terbaik juga.

Tidak bisa kita pungkiri, banyak mahasiswa Indonesia yang sudah berhasil mencetak prestasi yang membanggakan baik di kancah nasional ataupun internasional.

Perguruan tinggi di Indonesia pertama kali dibangun pada 1851. Berdasarkan data dari DIKTI hingga saat ini tercatat Indonesia memiliki 2.433 Sekolah Tinggi, 1101 akademi, 558 Universitas, Politeknik 250, dan 148 Institute.

Tentu saja kita tidak akan membahas semua perguruan tinggi itu satu per satu. Namun, mari kita lihat sedikit ke belakang yaitu universitas tertua di Indonesia yang telah mencetak banyak anak negeri yang membanggakan.

Daftar Universitas Tertua Di Indonesia

1. Universitas Indonesia

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Universitas Indonesia adalah universitas tertua yang berada di Indonesia, berdiri sejak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan tujuan menciptakan asisten seorang dokter tambahan.

Pada setiap lulusan dari Universitas Indonesia pada periode diberi gelar Dokter Jawa.

Hal ini karena dokter yang bersertifikat hanya diberikan izin untuk membuka praktek di beberapa daerah Hindia Belanda, terutama di Jawa.

Sejak tahun 1864, Program pendidikan dokter Universitas Indonesia membutuhkan waktu 3 tahun untuk lulusan.

Nmun kemudian berubah menjadi 7 tahun pada tahun 1875, gelarnya diubah menjadi Dokter Medis (Medical Doctor).

Pada tahun 1898, pemerintah kolonial Belanda kemudian mendirikan sebuah sekolah baru bernama STOVIA (School tot Opleiding Van Indische Artsen) yang berlangsung selama 9 tahun.

Pada tahun 1947, UI memiliki nama Universiteit van Indonesië dan berbasis di Jakarta. Universitas memiliki profesor yang bernama Djokosoetono yang mengajar di Universiteir Van Indonesie di Yogyakarta.

Karena pada saat itu ibukota negara adalah Yogyakarta sehingga kampusnya dipindahkan sementara di Yogyakarta. Tapi pada tahun 1949 kembali lagi ke Jakarta.

Universiteit van Indonesië kemudian disatukan menjadi “Universiteit Indonesia” pada tahun 1950.

Universitas ini memiliki Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta,  Fakultas Teknik terletak diBandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi di Makasar,

2. Universitas Airlangga

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Universitas Airlangga didirikan pada tahun 1913, berasal dari institusi Belanda Nederlands Indische Artsen Sekolah (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indsiche Tandartsen (STOVIT) yang keduanya berdiri pada tahun 1913 dan 1928 oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Universitas Airlangga pada tahun 1954 diresmikan menjadi pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia pada tahun 1954 oleh Presiden pertama, Dr. Ir. Soekarno yang juga bertepatan dengan pahlawan ke-9 yaitu  pada 10 November 1954.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

ITB didirikan pada tahun 1920 atas inisiatif pribadi dengan nama Technische Hogeschool Bandoeng (THS).

Institute ini adalah perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh pemerintah Belanda.

Nama lain dari ITB ini Het Koninklijk Instituut Voor Hooger Technisch Ondrwijs in Nederlansch-Indie tapi sejak tahun 1959 berubah penyebutannya yang Institut Teknologi Bandung karena terletak di Bandung.

ITB memiliki pintu masuk utama di Jalan Ganesha yang sebelumnya bernama Hoogeschoolweg dan di depan Ganesha ada taman yang pernah disebut Ijzermanpark.

Rektor pertama ITB Prof. Ir. Januari Klopper, seorang profesor matematika terapan dan mekanik kebangsaan Technische Hoogeschool te Delft Belanda yang menjabat selama 5 tahun yaitu 1920-1925.

4. Institut Pertanian Bogor

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Didirikan pada tahun 1940 dengan nama Landbouw Hogeschol yang kemudian berubah nama pada tanggal 31 Oktober 1941 dengan nama Landbouwukndige Faculteit.

Lembaga ini sendiri dikhususkan untuk belajar tentang pertanian dan ilmu agronomi. Kemudian pada masa kolonial Jepang  pada tahun 1942 – 1945 lembaga ini sempat ditutup.

Sekolah ini kemudian dibuka kembali dan berganti nama dengan Fakultas Pertanian UI. Ir. Soekarno pada tanggal 27 April 1952 dan meletakan batu pertama Fakultas Pertanian.

Tetapi kemudian pada tanngal 1 September 1963, Fakultas Pertanian dan Kedokteran Universitas Indonesia memisahkan diri dan menjadi Institut Pertanian Bogor dengan memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Kehutanan dan perikanan terletak di Bararnangsiang dan peternakan dan fakultas Kedokteran hewan yang berada di Gunung Gede.

Nah itulah Universitas tertua yang berada di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa menambah wawasan tentang sejarah dari universitas yang sudah kita bahas di atas tadi.

 

Author: jordan smith