Universitas Mercu Buana

universitas mercu buana

Universitas Mercu BuanaPengusaha H. Probosutedjo yang memiliki pengalaman sebagai guru. Di Perguruan Taman Siswa, Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada tanggal 10 Nopember 1981.

Membangun Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD), dan peresmiannya dilakukan oleh almarhum Bapak H. Adam Malik, Wakil Presiden RI saat itu. Dewantara diambil dari nama tokoh Pendidkan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara.

Pada saat permulaannya belum memiliki bangunan sendiri, jam perkuliahan dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) Jl. Gatot Soebroto. Tahun 1984 Yayasan Menara Bhakti berhasil membangun sebuah kampus yang diberi nama Kampus Menara Bhakti.

Berdasarkan surat Nomor : 15/KOP.III/S.VI/85 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Boesjra Zahir (almarhum), pada tanggal 18 Juni 1985, Kopertis Wilayah III menyetujui dan memberikan izin “Operasional” kepada Universitas Mercu Buana.

Pada tanggal 22 Oktober 1985 Universitas Mercu Buana secara resmi dinyatakan berdiri, dengan Fakultas dan Jurusan sebagai berikut:

  • Fakultas Tehnik, Jurusan Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik Sipil.
  • Fakultas Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) dan Jurusan Budidaya Pertanian (Agronomi).
  • Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.

Visi : 

Menjadi Universitas Unggul & Terkemuka di Indonesia untuk Menghasilkan Tenaga Profesional yang Memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat dalam Persaingan Global Pada tahun 2024.

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan mencapai keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga profesional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.

Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, serta mengembangkan jaringan kerjasama dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan sebagai respon atas perubahan arus dan daya saing global.

Mengembangkan kompetensi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan etika profesional kepada para mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup.

Sejarah

Dilatar belakangi dengan pengalamannya bagaikan guru di Akademi Halaman Siswa, Pematang Siantar, Sumatera Utara, H. Probosutedjo mendirikan Perguruan Wiraswasta Dewantara( AWD) pada bertepatan pada 10 Nopember 1981.

Peresmian AWD dicoba oleh almarhum Ayah H. Adam Malik, Wakil Presiden RI dikala itu. Dewantara diambil dari nama tokoh Pendidkan Nasional, ialah Ki Hajar Dewantara.

Misi AWD antara lain merupakan meningkatkan model pembelajaran buat melahirkan pengusaha Pancasilais, kader- kader pembangunan yang mandiri, serta sanggup menghasilkan peluang kerja.

Saat sebelum mempunyai kampus sendiri, penyelenggaraan perkuliahan dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia( YTKI) Jalan. Gatot Soebroto. Tahun 1984 Yayasan Tower Bhakti sukses membangun suatu kampus yang diberi nama Kampus Tower Bhakti.

Pada tahun 1985, berbekal keahlian serta pengalaman dalam menyelenggarakan pembelajaran Perguruan Wiraswasta Dewantara, mencuat gagasan mendirikan lembaga pembelajaran tingkatan universitas.

Dengan Pesan Keputusan Pimpinan Yayasan Tower Bhakti No: 04/ SKEP/ KET/ VI/ 1985 bertepatan pada 12 Juni 1985, dibangun Panitia Pendirian Universitas, dengan Pimpinan Dokter. Sri- Edi Swasono.

Serta dibantu oleh H. Abdul Madjid, Drs. Iman Santosa Sukardi( almarhum), Drs. Meter. Enoch Markum, Ir. Suharyadi, Meter. S, Soekarno serta Prijo S. Parwoto( almarhum).

Author: jordan smith