Universitas Jenderal Achmad Yani

Universitas Jenderal Achmad Yani

Universitas Jenderal Achmad Yani

Universitas Jenderal Achmad Yani – biasa disingkat sebagai UNJANI adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak kawasan militer.

Yaitu di bagian Selatan Kota Cimahi, Jawa Barat tepatnya di Jalan Terusan Jendral Sudirman. Yang bertempat di lokasi yang berdekatan dengan dua perguruan tinggi lain.

Diantaranya STKIP Siliwangi Bandung dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Jenderal Achmad Yani.

Sementara kampus utama lainnya terdapat di Kota Bandung tepatnya di Jalan Terusan Jenderal Gatot Subroto. Kiaracondong yang terletak di jalan yang sama dengan PT. Pindad .

Visi : 

Menjadi Universitas Unggul, Berjiwa Kebangsaan Dan berwawasan Lingkungan

Misi :

  1. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat yang handal dan akuntabel serta mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
  2. Membentuk insan akademik yang berwibawa, berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan.
  3. Menyelenggarakan kerja sama dan jaringan yang luas dengan perguruan tinggi, pemerintah, institusi penelitian, masyarakat dan industri.

Fakultas Program S1 yang tersedia di Universitas Jenderal Achmad Yani :

FAKULTAS MIPA

FAKULTAS KEDOKTERAN

FAKULTAS EKONOMI

FAKULTAS TEKNIK

FAKULTAS PSIKOLOGI

FAKULTAS ISIP

FAKULTAS FARMASI

Sejarah

Universitas Jenderal Achmad Yani adalah hasil pengembangan dari sebuah sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP yaitu: Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA) dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ST MIPA ),

Pembentukan UNJANI didirikan dengan jumlah Ketua YKEP: 027 / YKEP / 1990 tanggal 20 Mei 1990. Yang kemudian dikonfirmasi oleh Departemen Pendidikan.

Dengan Keputusan Nomor 0512 / O / 1990 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam prosesnya, College of Teknologi industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.

Sampai merger STTIB untuk UNJANI tahun 1992, UNJANI memiliki tiga (3) Fakultas: (1) Fakultas Teknik dengan jurusan: T. Metalurgi, T. Elektro, T. Kimia dan D3 Keramik, T. Sipil, T. Mesin, Manajemen T . industri; (2) Fakultas Ekonomi, jurusan Manajemen, Akuntansi; dan (3) dari Fakultas Ilmu dengan jurusan Kimia, Fisika, Informatika.

Pada tahun 1992, fakultas UNJANI add di lingkungan. Yaitu Fakultas ISIP dengan Departemen Pemerintah dan School of Medicine. Pengembangan lebih lanjut dengan penambahan Departemen Hubungan Internasional pada tahun 1993.

Jurusan Farmasi dan MIP Program pada tahun 1999 dan Fakultas Psikologi pada tahun 2003. Dengan demikian, jumlah program UNJANI sukses adalah 20 (dua puluh).

Dari 14 (empat belas) departemen / 6 (enam) fakultas. Dalam tahun-tahun mendatang adalah mungkin UNJANI akan terus memperluas dengan membuka program studi baru, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai College, UNJANI diadakan Tridharma Perguruan Tinggi oleh hukum yang berlaku dan berorientasi pada kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh menteri Indonesia. Di sisi lain, dalam rangka untuk mengembangkan kelembagaan, UNJANI mengadopsi kebijakan dan peraturan yang ditetapkan oleh pendiri yayasan.

Baca juga :

Didirikan : 20 Mei 1990
Jenis : Perguruan tinggi swasta
Rektor : Dr.Dipl.Ing.Ir Bambang Sutjiatmo (sejak 22 Maret 2012)
Lokasi : Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Share:

Author: jordan smith