Politeknik Negeri Sriwijaya

Politeknik Negeri Sriwijaya

Jl. Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang
Sumatera Selatan Indonesia 30139
Telepon : 62711 353414
Fax : 62711 355918

Sejarah
Sebagai Pilot Plant dari Politeknik telah dilahirkan Politeknik Mekanik Swiss ITB pada tahun 1976. Produk dari Politeknik ini sangat menggembirakan karena alumninya terpakai pada industri-industri. Atas keberhasilan tersebut selanjutnya diusulkan dengan perencanaan pengadaan pendidikan Politeknik pada berbagai daerah di Indonesia. Dengan bantuan Bank Dunia ke-7 telah dilakukan proyek fase pertama dengan kredit No.869-IND yang mencakup:
a. Sebuah pusat pengembangan Pendidikan Politeknik yang berkedudukan di Bandung.
b. 6 (enam) buah Politeknik, masing-masing di USU, UNSRI, UI, ITB,UNDIP dan UNIBRAW.
c. Pekerjaan fisik dimulai tahun 1981/1982 dan telah dapat dipakai pada tahun akademik 1982/1983 pada ke enam politeknik di atas. Dengan telah mempersiapkan proyeksi ke depan tentang kebutuhan tamatan Politeknik untuk pembangunan, telah dimulai juga proyek perluasan Politeknik fase kedua dengan bantuan Bank Dunia ke VIII dengan loan 2290-IND meliputi:
– Perluasan pusat pengembangan Pendidikan Politeknik di Bandung.
– Perluasan 6 (enam) Politeknik fase pertama
– Pengadaan 11 (sebelas) Politeknik pada :
UNSYIAH, UNAND, UNHAS, ITS, UNTAN, UNLAM, UNMUL, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN dan UNUD.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, Politeknik tidak hanya dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi atau program diploma, tetapi jika politeknik tersebut telah siap maka politeknik dapat juga menyelenggarakan program pasca sarjana terapan. Seiring berjalannya waktu, saat ini telah ada 38 (tiga puluh delapan) Politeknik Negeri di Indonesia.

Politeknik Negeri Sriwijaya
Umum

  • Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982. Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.
  • Pada fase kedua tahun 1987 Politeknik memperluas bidang keteknikan dan melahirkan bidang Tata Niaga. Bidang keteknikan yang dikembangkan adalah Jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kimia Industri sedangkan bidang Tata Niaga terdiri atas Jurusan/Program Studi Akuntansi Kesekretariatan telah dimulai tahun akademik 1986. Kemudian tahun 1992 Jurusan Tata Niaga berkembang menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga. Tenaga ahli yang turut serta mengembangkan bidang keteknikan adalah dari Swiss Contact sedangkan Tata Niaga dari Australia.
  • Pada tahun 2002/2003 dikembangkan dua jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Manajemen Informatika, yang pendiriannya ditetapkan melalui surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) nomor 2800/D/T/2001. Pada tahun akademik 2004/2005, Politeknik Negeri Sriwijaya kembali mengembangkan jurusan baru yaitu Jurusan Bahasa Inggris Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Pariwisata dan Perhotelan berdasarkan izin dari Dirjen Dikti nomor 3818/D/T/2003.

Program Sarjana Terapan

  • Program Sarjana Terapan Perancangan Jalan dan Jembatan mulai dibuka sejak tahun 2002 dan pada tahun 2009 Program Sarjana Terapan baru pada Jurusan Teknik Kimia dengan nama Program Studi Teknik Energi juga turut dibuka.
  • Kemudian pada tahun 2012, Program Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik menyusul dibuka. Selanjutnya Program Sarjana Terapan Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Usaha Perjalanan Wisata pada tahun 2013. Pada tahun 2014 ini, Program Sarjana Terapan Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknologi Kimia Industri, Manajemen Bisnis serta Manajemen Informatika menjadi program-program studi terbaru yang dibuka oleh Politeknik.

Program Kerjasama Pendidikan
Politeknik Negeri Sriwijaya telah banyak melakukan pengembangan pendidikan dengan membuka kelas kerjasama Program Diploma III dan Diploma IV diantaranya
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan bekerjasama dengan Departemen Kimpraswil;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin bekerjasama dengan PT. Bukit Asam, PT. GMF;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik bekerjasama dengan PT. PLN;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika bekerjasama dengan PT. GMF;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia bekerjasama dengan ConocoPhilips;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Kimia bekerjasama dengan JOB Pertamina Talisman Jambi Merang;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin bekerjasama dengan PAMA-UT;
– kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin konsentrasi Alat Berat bekerjasama dengan PT. Indotruck Utama.

Politeknik Negeri Sriwijaya sampai dengan tahun akademik 2017/2018 telah memiliki 32 (tiga puluh dua) program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak lebih kurang 5000 orang.

VISI dan MISI

  • VISI
    Menjadi lembaga pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka.
  • MISI
    meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dalam bidang rekayasa dan non rekayasa yang berkualitas dengan berbasis pada sistem penjaminan mutu;
    mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta hasil penelitian terapan bermutu untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat;
    mengembangkan organisasi dan meningkatkan mutu pengelolaan sumber daya Polsri untuk mewujudkan kinerja secara efektif, efisien, dan berkelanjutan;
    meningkatkan kemitraan dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • TUJUAN
    meningkatnya lulusan yang berkualitas, berdisiplin, bermoral, berjiwa wirausaha, berwawasan lingkungan, dan relevan dengan perkembangan industri;
    meningkatnya penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta hasil penelitian terapan bermutu untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat;
    meningkatnya mutu manajemen melalui pemberdayaan dan pengembangan organisasi berdasarkan prinsip tata kelola yang baik (good governance) dan mampu menghadapi tantangan masa depan;
    meningkatnya mutu dan efisiensi pelayanan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan;
    meningkatnya kuantitas dan kualitas penyelenggaraan kemitraan dengan pihak lain yang saling menguntungkan;
    meningkatnya kemitraan dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fasilitas

  • Perpustakaan
    perpustakaanPerpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang terbagi menjadi dua bagian yaitu perpustakaan pusat dan perpustakaan jurusan. Perpustakaan pusat menyediakan jasa pelayanan peminjaman berbagai macam jenis buku bacaan, literatur baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris untuk semua jurusan. Sedangkan untuk perpustakaan jurusan berada di jurusan masing-masing dengan menyediakan jasa pelayanan peminjaman buku yang berhubungan dengan jurusan masing-masing. Selain buku di perpustakaan juga di sediakan CD yang berisi software dan literatur. Di perpustakaan pusat juga disediakan kantin/cafetaria dan juga warnet.
  • Tempat Ibadah
    masjidPoliteknik Negeri Sriwjaya sendiri menyediakan fasilitas untuk beribadah. Khususnya yang Beragama Islam dapat melaksanakan kegiatan ibadahnya di Masjid . Masjid ini memiliki fasilitas ibadah yang cukup lengkap. Dan juga merupakan pusat kegiatan Islami mahasiswa/i baik di politeknik sendiri maupun mahasiswa/i luar. Hampir semua kegiatan islami di adakan di masjid. Mesjid ini sendiri dibangun pada tanggal 22 Juni 2005 atas bantuan dari Saudi Arabia.
  • Cafetaria
    cafetariaUntuk melayani kebutuhan mahasiswa/i disediakan cafetaria. Dimana Cafetaria menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Cafetaria sendiri menyediakan tempat untuk mahasiswa/i untuk menikmati makanan dan minuman tersebut. Ada dua lokasi cafetaria di Politeknik Negeri Sriwijaya. Pertama di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) dan yang kedua di belakang Bengkel Mesin dan ketiga di Perpustakaan Pusat Polsri.
  • Lapangan Parkir
    Untuk penempatan kendaraan bermotor bagi mahasiswa/i , Politeknik Negeri Sriwijaya juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas bagi kendaraan bermotor. Dimana di setiap lahan parkir tersebut di tempatkan petugas keamana yang mengawasi laju masuk dan keluar nya kendaraan di politeknik Negeri Sriwjaya. Sehingga keamanan bagi pemilik kendaraan terjamin.
  • Olahraga
    Bagi yang hobi berolahraga, Politeknik juga memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Antara lain Lapangan tennis, Lapangan Bulu tangkis, tenis meja, basket, voli, futsal dan panjat dinding. Tempat olahraga ini disediakan untuk mahasiswa dan juga staff dosen di lingkungan Politeknik Negeri Sriwijaya. Dalam setiap tahunnya Badan eksekutif Mahasiswa menyelenggarakan acara Liga Politeknik yang melombakan berbagai macam cabang olahraga.
  • Internet dan Wireless Hotspot
    Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki lab-lab komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Jaringan internet di Polsri terhubung dengan beberapa ISP dan memiliki bandwidth hingga 6 Mbps. Selain di lab dan kantor, Polsri juga memasang beberapa access point agar civitas akademika Polsri dapat mengakses internet tanpa kabel (Wireless Hotspot)
  • Ruang ICT

Jurusan dan Prodi

  • Teknik Sipil
    – Teknik Sipil (D3)
    – Perencangan Jalan dan Jembatan (D4)
    – Teknik Sipil (D2) PDD Kabupaten OKU
  • Teknik Mesin
    – Teknik Mesin (D3)
    – Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (D4)
    – Teknik Mesin (D2) Kabupaten Siak
  • Teknik Elektro
    – Teknik Listrik (D3)
    – Teknik Elektronika (D3)
    – Teknik Telekomunikasi (D3)
    – Teknik Elektro (D4)
    – Teknik Telekomunikasi (D4)
  • Teknik Kimia
    – Teknik Kimia (D3)
    – Teknik Energi (D4)
    – Teknologi Kimia Industri (D4)
    – Teknik Kimia (D2) PDD Kabupaten Siak
    – Teknik Energi Terbarukan (S2)
  • Akuntansi
    – Akuntansi (D3)
    – Akuntansi Sektor Publik (D4)
    – Akuntansi (D2) PDD Kota Prabumulih
    – Akuntansi (D2) PDD Kabupaten Oku
  • Administrasi Bisnis
    – Administrasi Bisnis (D3)
    – Usaha Perjalanan Wisata (D4)
    – Manajemen Bisnis (D4)
    – Administrasi Bisnis (D2) PDD Kota Prabumulih
  • Teknik Komputer
    – Teknik Komputer (D3)
    – Teknologi Informatika Multimedia Digital (D4)
    – Teknik Komputer (D2) PDD Kota Prabumulih
  • Manajemen Informatika
    – Manajemen Informatika (D3)
    – Manajemen Informatika (D4)
    – Manajemen Informatika (D2) PDD Kota Pangkalpinang
    – Manajemen Informatika (D1) Kota Pagaralam
  • Bahasa Inggris
    – Bahasa Inggris (D3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *