Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Lampung – Politeknik Negeri Lampung merupakan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang terletak di Provinsi Lampung. Politeknik Negeri Lampung pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001.

Baca juga: Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sejarah Politeknik Negeri Lampung

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga terampil dan profesional di bidang pertanian, Pemerintah Indonesia membuka sistem pendidikan baru yang berbentuk Politeknik Pertanian. Politeknik Pertanian Negeri di Propinsi Lampung ini resmi terbentuk dengan diterbitkannya SK. Dirjen Dikti Depdikbud No.14/Dikti/Kep/1984, tanggal 7 April 1984 tentang Pembentukan Politeknik Pertanian Universitas Lampung. Kemudian dalam rangka mempersiapkan pengembangan Politeknik Pertanian, yang meliputi pengembangan fisik kampus, tenaga pengajar, dan pengembangan kurikulum, maka pada tanggal 3 Desember 1985, melalui SK. Dirjen Dikti Depdikbud No.79/Dikti/Kep/1985, dibentuk Penanggung Jawab Unit Pelaksana Proyek pada Proyek Pengembangan Pendidikan Politeknik Pertanian Universitas Lampung.

Pada tanggal 3 Nopember 1988 Politeknik Pertanian Universitas Lampung menempati kampus baru di Jalan Soekarno-Hatta, Rajabasa, Bandar Lampung, dan pada tanggal 15 Desember 1988 Penanggungjawab Pengembangan Politeknik Pertanian Negeri Lampung dilantik oleh Rektor Universitas Lampung. Pada tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001 tentang Pendirian Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung, Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi mandiri menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Propinsi Lampung dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung.

Berdasarkan rapat Senat Politeknik tanggal 19 Oktober 2002 telah ditetapkan perubahan nama Politeknik menjadi Politeknik Negeri Lampung. Pertimbangan perubahan nama tersebut merupakan rencana pengembangan Politeknik di masa mendatang agar memperluas bidang studi yang dapat dilaksanakan dan dibutuhkan masyarakat, misalnya bidang studi ekonomi secara umum, keteknikan, manajemen dan sebagainya.

Jurusan Dan Program Studi Politeknik Negeri Lampung

Jurusan Budidaya Tanaman Pangan

Daftar Program Studi

  • D3. Produksi Tanaman Pangan
  • D3. Hortikultura
  • D3. Teknologi Pembenihan
  • D4. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Daftar Program Studi

  • D3. Produksi Tanaman Perkebunan
  • D4. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan

Jurusan Teknologi Pertanian

Daftar Program Studi

  • D3. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan
  • D3. Mekanisasi Pertanian
  • D3. Teknologi Pangan
  • D4. Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Jurusan Peternakan

Daftar Program Studi

  • D3. Produksi Ternak
  • D3. Budidaya Perikanan

Jurusan Ekonomu dan Bisnis

Daftar Program Studi

  • D3. Agribisnis
  • D3. Akuntansi
  • D3. Manajemen Informatika
  • D4. Agribisnis Pangan
  • D4. Akuntansi Perpajakan

Visi, Misi dan Tujuan Politeknik Negeri Lampung

Visi Politeknik Negeri Lampung

“Menjadi politeknik yang bermutu, inovatif, dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.”

Misi Politeknik Negeri Lampung

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang berorientasi pada akhlak mulia, terampil, disiplin, mandiri, dan kompetitif.
2. Melaksanakan kajian keilmuan dan penelitian terapan untuk menopang pendidikan dan pengajaran.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui transfer ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
4. Menguatkan budaya akademik, organisasi, dan kerja yang berkarakter dan beretika; dan
5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan pihak lain.

Tujuan Politeknik Negeri Lampung

1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, terampil, disiplin, mandiri, dan memiliki keahlian di bidang iptek terapan.

2. Mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi terapan yang memajukan penerapan teknologi di industri dan masyarakat.

3. Meningkatkan budaya akademik, organisasi, dan kerja yang sehat dan dinamis sebagai basis kerja sama dengan pemangku kepentingan guna mengembangkan penerapan teknologi dan memajukan kemandirian masyarakat.

4. Menerapkan manajemen perguruan tinggi modern dalam pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Mewujudkan kepakaran bidang teknologi dan bisnis yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *