Politeknik Aceh

Politeknik Aceh

Sejarah

  • Pada Februari 2008, Politeknik Aceh didirikan atas kerjasama pihak Pemerintah Kota Banda Aceh bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan BRR NAD-Nias membantu menyediakan lahan sebesar 5,5 Ha, PT. Chevron Pacific Indonesia mendirikan bangunan kampus, USAID membantu operasional, dan Dirjen Perguruan Tinggi menyediakan pra sarana laboratorium dan pelatihan tenaga pengajar/staf.
  • Pada 28 Juli 2008, Politeknik Aceh secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono). Aktifitas belajar mengajar dimulai pada September 2008 dengan 4 (empat) program studi D3 Teknik Mekatronika, D3 Teknik Elektronika Industri, D3 Teknik Informatika dan D3 Akuntansi. Saat ini, Politeknik Aceh dalam proses membuka program S1 terapan (D4) untuk program studi Akuntansi dan Otomasi Industri.
  • Politeknik Aceh mengadopsi sistem pembelajaran dari Politeknik terkemuka di Indonesia yaitu Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Politeknik Caltex Riau, ATMI Solo dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS-ITS). Penyesuaian kurikulum terhadap perubahan kebutuhan dari industri dilakukan dengan metode “Develop A Curriculum” (DACUM) dimana pakar industri (Expert Worker) dikumpulkan untuk memberikan input yang harus dimasukkan ke dalam kurikulum.

Visi dan Misi

  • Visi :
    Menjadikan institusi pendidikan terkemuka yang produktif, inovatif, dan mampu bersaing di tingkat global.
  • Misi :
    Membangun insan cendekia yang berakhlak mulia dan mampu bersaing dalam bidang teknologi dan informasi pengetahuan
    Menciptakan inovasi yang produktif dan kreatif yang sesuai dengan kompetensi
    Berperan aktif untuk meningkatkan kualitas masyarakat sekitar

Prodi

  • Akuntansi
    Program studi Akuntansi didirikan bersamaan dengan pendirian Politeknik Aceh, pada tahun 2008. Program studi Akuntansi menyelenggarakan perkuliahan dengan komposisi 70% merupakan praktek dan 30% teori, hal ini nampak dari jadwal perkuliahan setiap semesternya. Perkuliahan setiap semester harus diselesaikan oleh mahasiswa dalam waktu 18 minggu, dengan pembagian 12 minggu praktek dan 6 minggu teori. Program studi Akuntansi didukung oleh staf pengajar yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, yakni di bidang Akuntansi Dasar, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Perpajakan, Auditing, Perancangan Sistem Akuntansi, dan Akuntansi Komputer. Di samping itu, fasilitas perkuliahan pada program studi Akuntansi dilengkapi dengan ruangan ber-AC, projector dan 90 unit komputer lengkap dengan program pendukung perkuliahan yang menunjang keterampilan mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan
  • Teknik Informatika
    Program studi Teknik Informatika didirikan pada tahun 2008 sebagai salah satu Prodi yang menjawab akan tuntutan perkembangan kemajuan Teknologi Informasi yang begitu pesat. Penyusunan kurikulum berbasis industri dengan mengundang berbagai pihak industri untuk mendapatkan inputan yang sesuai dengan perkembangan di dunia industri , pengiriman tim dosen untuk mengikuti CNAP (Cisco Network Academy Program), pengiriman tim dosen dalam seminar vendor IT seperti : Sun Microsystem, Intel dan magang langsung tim pengajar sebagai salah satu upaya Prodi Teknik Informatika untuk selalu berada dalam lini pesatnya perkembangan dunia IT akan menjadikan Prodi Teknik Informatikapowerfull dalam mendidik mahasiswa.
  • Teknik Elektronika
    Program Studi Teknik Elektronika Industri Politeknik Aceh merupakan pendidikan vokasi jenjang diploma 3 yang didirikan pada tahun 2008 yang bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia dengan kualifikasi ahli madya yang professional dan terampil dalam bidang teknik elektronika industri yang mampu melakukan perancangan, perbaikan dan pemeliharaan sistem industri berbasis elektronika.
  • Teknik Mekatronika
    Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Aceh merupakan salah satu program studi rekayasa yang didirikan pada tahun 2008. Sebagai salah satu Program Studi di Politeknik Aceh.Tujuan penyelenggaraan program studi ini adalah menghasilkan Diploma III yang mampu merancang, mengoperasikan, membangun mesin otomatis skala kecil dengan menggabungkan perangkat mekanik dan sistem elektronika dan melakukan pemeliharaan pada sistem otomasi industri. Dan juga mampu berkoordinasi dengan bidang keahlian lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah teknis dengan menggunakan data/informasi yang tersedia.
  • Diploma IV Akuntansi
    Beberapa Keunggulan Prodi Diploma IV Akuntansi Keuangan Publik adalah (1) merupakan pendidikan vokasi yang menekankan pada penerapan keahlian tertentu dan pembentukan kompetensi, (2) melakukan penelitian terapan, (3) melakukan pengabdian kepada masyarakat, (4) menyiapkan peserta didik untuk memiliki keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana, (5) menyediakan perangkat kurikulum yang mengakomodasi jam pelatihan lebih besar dibandingkan program sarjana, (6) menerapkan sistem blok yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja, (7) menyiapkan insan cendekia yang memiliki kemampuan manajerial dan leadership serta kemampuan bidang akuntansi keuangan publik
  • Keuangan Publik

Fasilitas

  • Laboratorium
  • Musholla
  • Perpustakaan
  • Taman Belajar
  • Tempat Parkir

Politeknik Aceh
Kampus
Jl. Politeknik Aceh,
Desa Pango Raya,
Kec. Ulee Kareng, B.Aceh
Telp. (0651) 31857

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *