Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung – Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau di singkat dengan sebutan ISBI Bandung merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Perguruan ini didirikan pada tahun 1968 dan di rektori oleh Dr. Hjh. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum.

Baca juga: Universitas Pamulang

Sejarah Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Berawal dari aspirasi masyarakat Jawa Barat yang menghendaki adanya lembaga pendidikan tinggi seni tari di Bandung, dengan melalui Surat Keputusan Wali kota-madya Bandung nomor 5539/68, tanggal 31 Maret 1968 di Bandung didirikan Konservatori Tari (KORI) yang pengelolaannya berada bawah Pemerintah Daerah Tingkat II Kotamadya Bandung.

Atas meningkatnya animo masyarakat dan besarnya perhatian pemerintah, maka KORI berupaya agar keberadaannya dapat diakui sebagai lembaga formal. Dengan adanya kesepakatan antara Dirjen Kebudayaan Kantor Daerah Kodya Bandung, Pemerintah Kodya Bandung, Inspektorat Pendidikan Kesenian Jawa Barat, dan Direktur Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta, terbitlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 016/A.I/1970 tentang Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung yang merupakan kelas jauh ASTI Yogyakarta. Dengan demikian, sejak tanggal 27 Februari 1971, Konservatori Tari berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia Jurusan Sunda di Bandung.

Sebagai bagian dari ASTI Yogyakarta, kegiatan pendidikan di ASTI Jurusan Sunda di Bandung menginduk kepada peraturan dan ketentuan-ketentuan ASTI Yogyakarta. Dalam hal kurikulum, ASTI Jurusan Sunda di Bandung menginduk kepada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ken nomor: 088/0/1973 tentang Kurikulum ASTI Yogyakarta. Pada salah satu bagian dari Surat Keputusan tersebut tersurat teknis penggunaan kurikulum untuk ASTI bidang tari Sunda.

Visi, Misi dan Tujuan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Visi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

“Visi ISBI Bandung Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Seni Budaya yang berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dalam skala lokal dan global.”

Misi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

> Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang seni budaya yang memperkokoh karakter budaya bangsa.
> Memberdayakan seni budaya secara kreatif dan inovatif.
> Membangun sumber daya manusia unggul dan kompetitif.
> Menjalin kerja sama seni budaya dalam tingkat lokal dan global.

Tujuan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

> Meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang seni > budaya secara profesional untuk kemajuan bangsa.

> Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni budaya yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.

> Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terdidik, terampil, dan profesional di bidang seni budaya yang memiliki kepekaan dalam menjawab tantangan zaman.

> Meningkatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang seni budaya dalam upaya pemeliharaan, pengembangan, dan pemanfaatannya melalui jejaring nasional dan internasional.

Fakultas dan Program Studi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Fakultas Seni Pertunjukan

  • Prodi Seni Tari
  • Prodi Seni Karawitan
  • Prodi Seni Teater
  • Prodi Angklung dan Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Desain

  • Prodi Seni Rupa Kriya
  • Prodi Seni Rupa Murni
  • Prodi Tata Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Prodi Film dan Televisi
  • Prodi Etnostudi

Program Pascasarjana

  • Magister Penciptaan/Pengkajian Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *